Rss Feed Facebook Twitter Google Plus

post:


Bisnis Ayam Penyet

Bisnis kuliner berbahan baku ayam masih berkibar. Salah satu merek usaha gerai ayam yang meramaikan sektor ini adalah Ayam Penyet Margo. Usaha asal Depok, Jawa Barat ini mulai beroperasi sejak 2010. Saat ini sudah ada empat gerai yang berdiri di Jabodetabek.

Agar usaha ini cepat berkembang, sejak empat bulan silam, manajemen Ayam Penyet Margo menawarkan kemitraan usaha kepada masyarakat. Abdul Mukti, Manager Operasional Ayam Penyet Margo bilang, gerai yang menyajikan ayam penyet sebagai menu utama belum terlalu banyak. “Ini cara kita agar terlihat berbeda dari gerai olahan ayam lainnya,” katanya.

Gerai ini juga menyediakan menu lain seperti bebek penyet. Meski masih terbilang anyar menawarkan kemitraan, tapi kini Ayam Penyet Margo telah memiliki empat mitra usaha di Jakarta.  
Jika berminat bergabung, Ayam Penyet Margo menyediakan dua paket kemitraan sebesar Rp 6,5 juta dan Rp 12,5 juta. Fasilitas untuk paket pertama adalah satu unit booth portable, perlengkapan memasak, bahan baku awal, perlengkapan branding dan perlengkapan tambahan lainnya.

Pada paket kedua, fasilitas yang didapat adalah satu unit booth permanen, perlengkapan memasak, perlengkapan branding, bahan baku awal dan perlengkapan tambahan lainnya. Untuk menjaga kualitas produk, Mukti mewajibkan seluruh mitra untuk mengambil bahan baku dari pusat.

Harga jual menu sekitar Rp 12.000 per porsi. Dengan target penjualan sekitar 25 potong ayam atau bebek tiap hari, mitra bisa mengantongi omzet sekitar Rp 300.000 per hari atau Rp 9 juta saban bulan. setelah dikurangi biaya bahan baku dan operasional, porsi keuntungan bersih yang didapatkan mitra sekitar 30% dari omzet tiap bulan.

Berdasarkan perhitungan Mukti, mitra sudah bisa balik modal sekitar enam bulan, dengan catatan lokasi gerai strategis. Mukti mengklaim, kelebihan produknya adalah bahan baku ayam yang tahan disimpan dalam freezer selama enam bulan. “Ini karena ayamnya kita ungkep,” jelasnya.
Ke depan, Ayam Penyet Margo bakal memperluas mitra ke luar Jakarta. Agar sistem distribusi dari pusat berjalan lancar, manajemen pusat akan membuat master franchise. 


Share This :

Wirapedia

Wirapedia adalah blog yang mempromosikan UKM di Solo dan sekitarnya.

youtube