Rss Feed Facebook Twitter Google Plus

post:


Renyahnya bisnis ayam kremes

Bisnis kuliner olahan ayam masih menjanjikan, pasalnya sektor usaha ini banyak dilirik oleh pengusaha baru maupun lama. Maklum saja, daging ayam merupakan salah satu makanan yang banyak digemari.

Salah satu pengusaha kuliner yang menjajal usaha ini adalah Christina. Dia memulai usaha ini pada tahun 2012 lalu di Bekasi, Jawa Barat. Lantaran melihat potensi usaha kuliner masih akan cerah di tahun ini, sejak awal tahun 2014 lalu dia mulai membuka tawaran kemitraan usaha.
Saat ini dia sudah memiliki tiga mitra yang tersebar di Bekasi, Lippo Karawaci, dan Kebun Jeruk serta satu gerai pribadi di Bekasi. Meski nama merek usahanya identik dengan ayam, kedai makanan ini juga menjual menu lainnya seperti olahan bebek goreng, aneka menu ikan dan lainnya. Total menu yang dijual sekitar 30 menu.

Jika berminat bergabung, Ayam Kremes Galaxy menawarkan kemitraan dengan nilai investasi Rp 165 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra adalah peralatan lengkap memasak, perlengkapan branding, bahan baku awal, pelatihan, desain interior dan perlengkapan tambahan lainnya.

Modal tersebut juga belum termasuk sewa tempat. Mitra harus menyiapkan tempat usaha dengan luas minimal 100 meter persegi (m2) dengan delapan orang karyawan. Christina tidak tidak mengutip biaya royalti pada mitra.

Laba bersih 20%
Hanya saja, mitra harus mengambil seluruh bahan baku dari pusat. Tujuannya, untuk menjaga kualitas produk dan rasa tetap sama di setiap gerainya. Harga jual menu mulai dari Rp 14.000 hingga Rp 28.000 per porsi. Mitra bisa meraup omzet mencapai Rp 75 juta per bulan.

Setelah dikurangi biaya bahan baku dan biaya operasional lainnya, keuntungan bersih yang didapatkan mitra sekitar 20%−25% dari omzet tiap bulan. Berdasarkan perhitungannya, mitra sudah bisa balik modal dalam waktu 14 bulan. Dengan catatan, mitra mempunyai lokasi yang strategis dan mengikuti saran manajemen dari pusat.

Kelebihan menu dari Ayam Kremes Galaxy ini menurut Christina adalah menggunakan racikan rahasia sehingga bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Selain itu, mereka tidak menggunakan bahan pengawet sehingga semua bahan baku tetap baru dan aman untuk dikonsumsi.
Untuk tahun 2015, rencananya Ayam Kremes Galaxy bakal menambah tiga mitra baru. Salah satu lokasinya berada di Surabaya, Jawa Timur. Untuk mendapatkan mitra, dia mengaku banyak mengikuti pameran.

Konsultan Waralaba Proverb, Erwin Halim menilai, potensi usaha ayam kremes masih besar. Sistem kemitraan yang tidak mengenakan biaya royalti cenderung dilirik mitra. Untuk bisa eksis, pemilik usaha harus terus memperhatikan kualitas rasa produk dan memiliki keunikan dibanding produk lainnya.        


Ayam Kremes Galaxy           
Ruko Taman Galaxy Indah, Jl. Taman Galaxy, Bekasi Selatan, Bekasi.
Telp. 0878 8020 2933


Share This :

Wirapedia

Wirapedia adalah blog yang mempromosikan UKM di Solo dan sekitarnya.

youtube